Cara Perpanjang STNK Online Praktis, Tak Perlu Antre ke Samsat

Posted by KarimGanas on 04.56 in , ,

Kini ada banyak sekali cara yang dilakukan pemerintah guna mempermudah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan atau perpanjang STNK. Melakukan pembayaran melalui e-samsat merupakan salah satu cara perpanjang STNK online yang bisa dilakukan. Ini dia beberapa cara memperpanjang STNK melalui e-samsat.

Membuka Situs Resmi e-samsat di Setiap Provinsi atau Kota

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka situs resmi e-samsat di setiap provinsi. Layanan ini tidak berlaku untuk antar provinsi. Jadi jika Anda sedang berada di wilayah yang tidak sesuai dengan plat nomor kendaraan maka Anda tidak bisa menggunakan layanan ini. Pasalnya layanan ini hanya melayani kota dalam provinsi tersebut saja.

Jika sudah membuka situs resmi e-samsat di setiap provinsi Anda hanya perlu mengisi data kendaraan yang diperlukan sesuai dengan data aslinya. Jangan lupa untuk mengecek kembali data yang sudah diisi. Jika semua data sudah dirasa benar dan sesuai akan muncul pertanyaan Apakah Anda Ingin Melakukan Pembayaran? Setelah itu Anda hanya perlu klik kalimat itu.

Beberapa data yang perlu Anda isi antara lain seperti pilihan kota kendaraan Anda, Samsat yang dahulu digunakan untuk mengurus kendaraan, nomor polisi, dan kode captcha yang tertera di dalam kotak. Setelah semua data terisi Anda hanya perlu klik Cari.

Memilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk memperpanjang STNK secara online yakni memilih kota tempat pengambilan nota pajak. Jadi sebelum Anda melakukan pembayaran melalui internet banking, Anda perlu mengisi kembali from yang tersedia.

Form ini nantinya akan bermanfaat sebagai bukti untuk pengambilan nota pajak yang diserahkan ke kantor Samsat kota di mana Anda tinggal. Beberapa data yang perlu Anda masukkan antara lain seperti kota, pilihan Samsat, pilihan bank, layanan pembayaran yang digunakan dan kode bayar.

Agar bisa mendapatkan kode bayar Anda hanya perlu menekan Pengajuan Kode Bayar yang terletak di sebelahnya. Jika kode bayar sudah muncul Anda hanya perlu klik Print. Jika semua data sudah diisi nantinya Anda akan melihat kode bayar dan jumlah uang yang harus dibayarkan beserta alamat Samsat yang nantinya menjadi tempat sebagai pengambilan nota pajak.

Proses Pengambilan Nota Pajak Motor Online

Cara melakukan Pembayaran pajak secara online yakni Anda hanya perlu memilih menu bayar multi payment kemudian pilih Samsat sesuai dengan tempat tinggal. Jika sudah Anda hanya perlu masukkan kode pembayaran yang Anda dapatkan dari pendaftaran website e-Samsat sebelumnya.

Setelah itu klik Lanjut guna melakukan proses pembayaran. Pastikan print out bukti pembayaran. Sebab bukti pembayaran ini nantinya akan digunakan sebagai bukti sah untuk ditukarkan dengan nota pada kendaraan Anda yang baru.

Umumnya batas waktu penukaran nota pajak hanya berlaku hingga 7 hari semenjak pilot bukti pembayaran. Jadi setelah melakukan pembayaran pajak disarankan untuk sesegera mungkin pergi ke kantor samsat guna mengambil nota pajaknya.

Pengambilan Nota Pajak di Kantor Samsat

Setelah melakukan pembayaran STNK secara online, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengambil nota pajak di kantor Samsat yang sudah didaftarkan pada awal proses pembayaran. Saat mengambilnya Anda hanya perlu membawa bukti pembayaran, STNK dan KTP asli untuk diserahkan ke loket pembayaran.

Itu dia cara perpanjang STNK melalui e-samsat di berbagai kota. Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi pemilik kendaraan untuk melakukan pembayaran pajak. Pembayaran pajak kendaraan juga harus dilakukan tepat waktu. Jadi bagi Anda yang malas antre di kantor Samsat, itu dia cara memperpanjang STNK secara online melalui e-samsat yang bisa Anda terapkan.